PRESS RELEASE UPCOMING EVENT

Japan Foundation Menghadirkan Japanese Film Festival Kedua di Indonesia

The Japan Foundation, Jakarta merupakan satu-satunya lembaga Jepang yang berdedikasi untuk mendukung pertukaran budaya internasional secara komprehensif di seluruh dunia.

Bertujuan untuk meningkatkan dan mempererat persahabatan antara Jepang dan dunia melalui budaya, bahasa, dan dialog, Japan Foundation menciptakan kesempatan global untuk mengembangkan persahabatan, kepercayaan, dan kesepahaman. Japan Foundation didirikan pada bulan Oktober tahun 1972 sebagai lembaga khusus yang disupervisi oleh Kementerian Luar Negeri. Pada Oktober 2003, JF berubah menjadi lembaga administratif independen. Menggunakan dana abadi pemerintah sebesar 78 juta yen, aktivitas Japan Foundation didukung oleh subsidi pemerintah, investasi, dan donasi dari pihak swasta.

Kantor perwakilan di Jakarta didirikan pada tahun 1979 dengan tujuan untuk membangun persahabatan yang harmonis antara Indonesia dengan Jepang melalui pendalaman pemahaman tentang Jepang. Kegiatan The Japan Foundation, Jakarta terbagi dalam tiga divisi utama, yaitu Divisi Budaya, Divisi Bahasa, dan Divisi Studi Jepang dan Pertukaran Intelektual.

Tahun ini, Japanese Film Festival (JFF) yang diselenggarakan oleh Japan Foundation akan hadir kembali di Jakarta. JFF adalah sebuah platform film Jepang yang bertujuan untuk meningkatkan minat terhadap film Jepang dan menarik penonton yang luas di negara-negara Asia Tenggara. JFF Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 oleh Agency for Cultural Affairs of Japan bekerja sama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Japan Foundation, dan Japan Image Council. Mulai tahun ini, JFF Indonesia akan tergabung dalam JFF Asia Pacific Gateway yang diinisiasi oleh Japan Foundation dan diselenggarakan di 10 negara Asia Tenggara dan Australia. Sebanyak 14 film Jepang terbaru yang rilis pada tahun 2015-2016 dari berbagai genre akan meramaikan JFF Indonesia. JFF diharapkan menjadi jembatan antara film Jepang dan penikmatnya dengan menghadirkan beragam kegiatan berkaitan dengan film pada khususnya dan kebudayaan Jepang secara umum.

Tahun ini JFF Indonesia mengajak Chelsea Islan untuk menjadi duta JFF Indonesia. Keterlibatan Chelsea dalam dunia film di Indonesia dan pernah membintangi FTV kolaborasi Indonesia – Jepang berjudul “When you Wish Upon Sakura” menjadi alasan dalam memilih Chelsea. Selain itu, akan ada bintang tamu asal Jepang yang juga akan meramaikan JFF tahun ini.

Ada banyak hadiah menarik untuk para penonton berkaitan dengan JFF 2016. Diantaranya adalah:

  1. Penonton berhak memperoleh stempel JFF dengan menunjukkan tiket film ke info desk JFF di lantai 7. Penonton yang mengumpulkan 5 stempel JFF, akan mendapatkan merchandise dari JFF.
  2. Bagi penonton yang mengisi angket dan menuliskan resensi film secara online, menangkan kesempatan sebuah perjalanan ke Jepang dan datang ke Tokyo International Film Festival 2017 di Jepang.

Jadwal Japanese Film Festival 2016

**Wilayah Jakarta**

  • Tanggal: 24-27 November 2016
  • Tempat: Cinemaxx, fX Sudirman
  • Website http://id.japanesefilmfest.org/
  • Harga Tiket: Rp 20,000
  • Tiket dapat dibeli melalui Tixx counter di Cinemaxx, FX Sudirman, Mobile Application Cinemaxx atau Website http://www.cinemaxxtheater.com/
  • Penjualan tiket dimulai tanggal 18 November 2016

Japan Fun Day Show (Side event)

Tanggal 26 November 2016 pukul 10.00 – 22.00 WIB di F3 atrium, fX Sudirman

**Wilayah Yogyakarta**

Berkolaborasi dengan Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF)

  • Tanggal: 28 November – 3 Desember 2016
  • Website: https://jaff-filmfest.org

Untuk Line Up Japanese Film Festival dapat dilihat di halaman selanjutnya.

About the author

Lundy Adinta Rachman

Hajimemashite !
I'm just an ordinary writer who loves gaming and all Japanese kinda things. You can contact me on LINE and Twitter @lundyadinta, my Facebook at Lundy Adinta Rachman, or simply click on one of the icon below . .
Yoroshiku onegaishimasu !