RECENT EVENT

Indonesia Comic Con 2016: Cosplay Talk Bersama Stella Chuu, Jacky,dan Alston

Bertempat di Galaxy Stage Hall A JCC tanggal 1-2 Oktober 2016 kemarin, Indonesia Comic Con mendatangkan tiga cosplayer internasional yang tampil di acara Cosplay Talk pukul 13.00. Mereka adalah Stella Chuu, Jacky dan juga Alston Stephanus. Stella Chuu adalah cosplayer yang berasal dari New York dan Los Angeles, Jacky dari Jepang dan Alston Stephanus dari Indonesia yang saat ini menetap di Amerika.

Ketika mereka ditanyakan mengenai apakah arti cosplay bagi mereka, Stella Chuu menjawab bahwa bagi dia cosplay adalah berkeliling dunia, bertemu dengan orang-orang baru, dan membuat kostum favorit. Bagi Jacky, cosplay menjadi sarana baginya untuk mengeksepresikan diri. Sedangkan Alston mengemukakan bahwa cosplay adalah bertemu dengan orang-orang baru dan membuat mereka memahami bahwa cosplay bukan hanya orang yang mengenakan kostum, namun ada makna lain dibaliknya.

Alston memulai karir cosplay pada tahun 2014. Saat itu dia mengikuti acara San Diego Comic Con. Sementara Jacky menghabiskan setengah hidupnya untuk cosplay selama kurang lebih 22 tahun. Stella Chuu pada awalnya sering datang ke macam-macam convention. Dari situlah dia menjadi terinspirasi dengan cosplayer-cosplayer lainnya.

DSC_0383

Udonsay / LAR

Bagi mereka, cosplay saat ini sudah jauh lebih baik dibanding yang dulu. Stella melihat bahwa kostum-kostum yang dibuat untuk cosplay saat ini sangat bagus dan akurat mendekati aslinya. Jacky mengatakan karakter-karakter yang dipakai untuk cosplay semakin bervariasi. Mulai dari wig, lensa kontak dan lainnya. Dulu cosplay jauh lebih sederhana. Menurut Alston, saat ini tembok yang memisahkan jenis kelamin mulai menghilang pelan-pelan. Lelaki bisa cosplay sebagai perempuan begitupun sebaliknya.

Setelah itu masing-masing dari mereka diminta pendapatnya mengenai Indonesia. Stella Chuu mengatakan bahwa ternyata Indonesia cukup menarik. Indonesia juga memiliki kelembaban yang cukup tinggi sehingga membuat udara menjadi panas. Dia juga menyukai makanan pedas yang banyak tersedia di Indonesia. Jacky baru tiba di Indonesia satu hari sebelum ICC 2016 sehingga dia belum sempat kemana-mana dan hanya di hotel saja. Namun baginya orang-orang Indonesia itu lucu. Sementara Alston menjawab ini pertama kalinya dia tampil di ICC dan baginya Indonesia sangat menakjubkan.

Saat ditanyakan bagaimana perjalanan mereka menjadi cosplayer profesional, Stella menjawab bahwa internet dan segalanya mengubah hidupnya. Jacky tidak mau mengatakan bahwa dirinya profesional. Bagi Jacky, dirinya hanyalah lelaki yang menyukai cosplay. Jacky lebih sibuk tampil diatas panggung dan siap diajak berdiskusi mengenai penampilan diatas panggung. Jacky juga sempat memenangkan WCS (World Cosplay Summit).

DSC_0337

Udonsay / LAR

Menurut mereka cukup banyak problema cosplay yang ada saat ini. Stella berpendapat bahwa cosplay kurang mendapat dukungan. Para cosplayer hanya bisa freelance dan tidak ada agensi yang mewadahinya sehingga mereka harus banyak bekerja di media sosial untuk mendapat dukungan. Untuk Jacky, kesulitan yang terlihat jelas adalah sulitnya mencari sesuatu yang murah dan gampang. Material-material yang dibutuhkan untuk kostum sulit diperoleh.

Para cosplayer ini memiliki karakter cosplay favorit mereka masing-masing. Favorit Stella adalah kostum Overwatch debutnya. Jacky mengatakan bahwa dia puas dengan karakter apa yang dia kenakan saat tampil dan Alston sangat menyukai kostum R2 yang telah ia buat. Kostum kolaborasi R2, sudah didiskusikan dengan pihak Disney.

Mereka juga menyukai cosplay di Indonesia. Bahkan Stella dan Jacky menuturkan bahwa Indonesia memiliki cosplay yang sangat bagus. Orang-orangnya sangat bersahabat dan Indonesia harus bangga dengan itu. Sementara hanya satu kalimat yang diucapkan Alston “I’m proud to be Indonesian”.

Pesan dan tips tidak lupa mereka berikan menjelang akhir sesi. Stella berpesan bahwa Indonesia memiliki cosplay yang baik, karena itu teruslah bekerja keras, tetap belajar dan jangan malu untuk melihat tutorial. Jacky mengatakan bahwa dia lebih senang bila diajak sharing dibandingkan dengan memberikan tips. Pesannya untuk Indonesia adalah “Indonesia Daisuki” yang artinya saya cinta Indonesia. Sementara Alston sambil tertawa justru meminta tips bagaimana caranya ke toilet dengan menggunakan kostum. Terakhir dia berkata bahwa dia benar-benar bangga dengan Indonesia, dia belajar banyak dari orang-orang Indonesia dan meminta dukungan selalu dari masyarakat Indonesia.

DSC_0338

Udonsay / LAR

About the author

Lundy Adinta Rachman

Hajimemashite !
I'm just an ordinary writer who loves gaming and all Japanese kinda things. You can contact me on LINE and Twitter @lundyadinta, my Facebook at Lundy Adinta Rachman, or simply click on one of the icon below . .
Yoroshiku onegaishimasu !

Leave a Comment